Skip to main content

Cara Budidaya Ayam Kampung



Budidaya ternak ayam kampung bisa dikatakan usaha ternak yang paling mudah dan menarik, mudah karena perawatan ayam kampung lebih sederhana dibandingkan dengan budidaya ternak ayam broiler. Menariknya budidaya ternak ayam kampung ini terletak pada harga, dimana harga ayam kampung selalu stabil dan cenderung naik.

Budidaya ayam kampung ataupun biasa dapat dilakukan dengan sederhana atau skala kecil dengan jumlah ternak kuarang dari 50 ekor per periode. Tahapan dalam memulai beternak ayam kampung ini sebagai berikut:
Perencanaan
Sebelum memulai budidaya ayam kampung pedaging sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu dasar-dasar ilmu ternak ayam scara garis besar, semua jenis usaha memiliki resiko kegagalan, begitu juga dengan usaha ayam kampung, resiko paling berat adalah resiko kematian. Beberapa hal yang paling sering menyebabkan kematian mendadak pada ayam kampung adalah karena penyakit seperti gumboro dan flu burung. Kandang ternak ayam sebaiknya jauh dari pemukiman atau rumah anda.

Jika kandang dibangun dekat dengan pemukiman maka pastikan ayam kampung yang anda pelihara divaksinasi, lakukan sterilisasi kandang secara rutin dengan disinfektan. Mintalah petugas peternakan memberikan penyuluhan tentag budidaya ternak ayam kampung. Setelah dasar-dasar ilmu ternak ayam anda ketahui maka dengan mudah perencanaan peternakan dapat anda buat dengan teliti.
Penyediaan kandang ternak
Syarat kandang ternak selain jarak dari pemukiman diantaranya, kandang budidaya ternak ayam kampung dapat dibuat dengan ukuran 1 m2 diisi dengan 7 ekor ayam kampung (ukuran optimal) jika anda memeliharanya dengan system full kandang.

Kandang ayam kampung pedaging yang baik adalah kandang model ren atau postal, untuk ayam kampung kandangnya tidak harus dilapisi dengan litter, sebab ayam kampung memiliki masa pemeliharaan yang lebih lama dibandingkan dengan ayam broiler. kandang ren adalah kandang ternak ayam yang sebagian dari kandang diberi atap dan sebagiannya tidak. Bagian beratap ini biasa digunakan ayam kampung untuk tidur atau berteduh dan bagian yang tidak beratap (terbuka) dijadikan sebagai tempat bermain atau mengais-ngais makanan.
Penyediaan pakan ternak.
Pakan untuk budidaya ayam kampung bisa menggunakan pelet, tapi untuk menghemat biaya pakan anda dapat membuat pakan alternatif berbahan dedak, jagung, bungkil dan tepung tulang. Pakan ayam kapung dibagi menjadi dua jenis yakni pakan untuk DOC dan pakan ayam dewasa.
Pembelian bibit ayam kampung
DOC (Day Old Chick) adalah anak ayam umur 1 – 7 hari DOC ini sering juga disebut dengan bibit. Bisa diperoleh dari memelihara indukan sendiri atau dengan membeli DOC disini

Dengan pemaparan garis besar ini diharapkan bisa memahami cara membudidayakan ayam kampung.

Comments

Popular posts from this blog

MC Pengajian Bahasa Jawa sederhana

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Alhamdulillahi rabbil 'alamin, wa bihi nasta'iinu 'alaa umuuriddunya waddiin, wash shalatu was salamu 'alaa asyrafil anbiyai wal mursalin, wa 'ala aalihi wa ash-habihi ajma'in, amma ba'du:
Nuwun, dumateng paro sesepuh pinisepuh engkang dahat kinabekten, dumateng bapak ibu Takmir Masjid ............... engkang minulyo, sagung jamaah engkang kinurmatan.

Cara Mematangkan memeram buah Sawo agar matang sempurna

Buah sawo adalah buah yang sangat unik, enak dan manis rasanya. Pada dasarnya buah-buahan pada umumnya agar terasa manis dan matang sempurna adalah jika matang ketika masih di pohon.


Lain halnya dengan buah sawo yang harus di peram atau di imbu (Jawa) agar bisa memperoleh rasa manis. Buah Sawo sangat rentan dengan benturan, apabila terjadi benturan maka akan mempengaruhi buah sawo tersebut dan tidak bisa matang dengan sempurna.

Cara mudah memeram buah Sawo sebagai berikut : 

Pastikan buah sawo sudah tua kemudian dicuci dengan air bersih kulitnya bisa menggunakan kain yang kasar untuk menyikat Jemur ditempat yang terkena matahari kurang lebih  dua jamPeram dengan kardus bekas atau kertas kertas biar hangat tidak mengembun
tunggu 3 hari dan dibuka sudah matang.

Ikrar Syawalan Bahasa Jawa

IKRAR SYAWALAN

Bismillahirohmanirohim

Astaghfirullohala’azdim

Kepareng mator, dumateng  bapak-bapak ibu-ibu, ingkang kapernah sepuh, kulo caos sungkem pangabektos. Dumateng bapak-bapak ibu-ibu, lan sederek kulo sedoyo, ingkang kapernah anem, menapa dene ingkang kapernah sesami-sami, kulo ngaturaken salam taklim.

Wonten ing wekdal punika, Sepisan ngatoraken  sedaya kalepatan kula, ingih engkang kasengojo, munopo dene mboten kasengojo, lahir batos nyuwun pangapunten. Lan kulo ugi, caos pangapunten, dumateng panjenengan sedoyo, mbokbilih kagungan kalepatan, dumateng kulo. Mugi-mugi Gusti Allah, paring maghfiroh, dumateng kito sami. Amin ya robbal ‘alamin.

Kaping kalih, ngengingi hak adami, ingkang sampun tumanduk dumateng kulo, ingkang dereng halal, kulo suwun halalipun, dene ingkang sampun halal, mugi-mugi saget mberkahi, manfaati, dumateng kulo sak keluargo.
تَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تَقَبَّلْ يَا كَرِ يْمُ
آمِينْ × ٣ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن
وَبِاللهِ التَّوْفِيْقُ وَالْهِدَايَةُ وَالر…