Skip to main content

PERSYARATAN DAN TATA CARA PENGAJUAN PERMOHONAN ZAKAT, INFAQ DAN SHADAQAH BAZDA KULON PROGO TAHUN 2014




PERSYARATAN DAN TATA CARA
PENGAJUAN PERMOHONAN ZAKAT, INFAQ  DAN SHADAQAH
BAZDA KULON PROGO
TAHUN 2014

 
DASAR:
1.      Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat.
2.      Keputusan Menteri Agama RI Nomor 373 Tahun 2003 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 38 Tahun 1999 tentang Pengelolaan Zakat.
3.      Hasil Rapat Pengurus BAZDA Kabupaten Kulon Progo tanggal 11 Desember 2013.
       I.            PERSYARATAN UMUM
a.      Calon penerima pentasyarufan dana zakat, infaq, dan sodaqoh adalah:
1)      Penduduk Kulon Progo Kepala Keluarga/Anggota Keluarga dan Keluarga Fakir Miskin Kulon Progo, sebagaimana tercantum dalam SK  Bupati nomor 384 Tahun 2011, beragama Islam kecuali ibnu sabil, mualaf, korban bencana alam, korban kebakaran rumah. Bagi KK atau warga yang tidak masuk dalam 5K Bupati No 384 Th 2011 melampirkan SKTM dan Kades/Lurah setempat diketahui oleh Camat.
2)      Pengurus Takmir/Pengurus Pondok Pesantren/Pengurus Panti Asuhan/Pengurus Organisasi Islam (SabiIIiIah )
3)      Anak-Anak yatim piatu Islam penduduk Kulon Progo penghuni Panti Asuhan/Pondok Pesantren diwilayah Kabupaten Kulon Progo/bukan Penduduk Kulon Progo ( Fakir Miskin).
4)      Guru ngaji/ustadz madrasah diniyah/pondok pesantren/TKA-TPA ( SabilIiIah).
5)      Guru PAUD/MI/TK/ honorer yayasan Islam( Sabillilah).
6)      Siswa SLTP/Sederajat dan Iingkungan Pendidikan Islam, SLTA Sederajat, Mahasiswa Dl - Si dan KK miskin ( Fakir Miskin).
7)      Orang yang kehabisan bekal dalam perjalanan ketika melintas di Kulon Progo( Ibnu Sabil).
8)      Fakir Miskin Opname di Rumah Sakit/ Rawat Jalan yang kekurangan Biaya (Ghorim)
9)      Jompo, Cacat Berat, Sakit Menahun yang fakir miskin ( Riqob).
10)  Muallaf ( orang yang Non Islam memeluk agama Islam).
b.      Pemohon perorangan (yang bersangkutan, sanak keluarga, relawan, lembaga) mengajukan permohonan, pemohon Lembaga mengajukan Proposal ditujukan kepada Ketua BAZDA Kabupaten Kulon Progo, yang diketahui oleh Dukuh, Lurah/Kepala Desa, Camat setempat,dilampiri Foto copy KTP suami — istri ( bagi yang berkeluarga )/Kartu Keluarga yang masih berlaku . Untuk korban bencana, bantuan anak yatim-piatu langsung diusulkan oleh Camat setempat, untuk bantuan anak yatim berupa Babon langsung ditetapkan oleh Pengurus Takmir.
c.       Bantuan zakat,infaq,sodaqoh dan BAZDA prinsipnya diberikan satu kali dalam setahun. Bagi yang telah menerima, baru dapat dipertimbangkan tahun berikutnya melalui rapat Badan Pelaksana BAZDA.
d.      Bantuan biaya pendidikan diperuntukkan bagi siswaSLTPlsederaiat dan iingkungan pendidikan Islam, SLTA/Sederaiat,dan mahasiswa Dl — S1 dari keluarga miskin. Sedangkan untuk bantuan biaya pendidikan bagi siswa SLTP/Sederajat kebawah menjadi kewenangan BAZDA Kecamatan.
e.        Bantuan untuk Masjid/ Panti Asuhan Islam! Pondok Pesantren menjadi kewenangan BAZDA Kabupaten, sedangkan bantuan untuk Mushola/ Langgar menjadi kewenangan BAZDA Kecamatan.
f.        Bantuan untuk Program Bedah Rumah Swadaya Berbantuan / Masjid/ Pondok Pesantren/ Panti Asuhanhanya boleh dibelanjakan untuk bahan bangunan/ material dan mengurus Izin Mendirikan Bantuan (1MB).

Comments

  1. Sebagai warga kulon progo tentunya ingin berperan serta. Namun kadang mau menyalurkan zakat mal masih bingung kemana.Apakah tidak mungkin kantor bazda di buat mandiri seperti halnya bank sehingga mudah bagi masyarakat untuk mengaksesnya.Meskipun tanggungjawab masuk lingkup pemkab.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ide yang bagus, juga menjadi harapan masyarakat. semoga bisa terwujud BAZDA /BAZNAZ kabupaten Kulon Progo yang lebih profesional.
      Saat ini BAZDA Kab. Kulon Progo sudah berkantor di JL.M Dawam Wates dekat Masjid Jami' silahkan yang mau menyalurkan dana Zakat Infak dll. semoga berkah.. amiin

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

MC Pengajian Bahasa Jawa sederhana

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Alhamdulillahi rabbil 'alamin, wa bihi nasta'iinu 'alaa umuuriddunya waddiin, wash shalatu was salamu 'alaa asyrafil anbiyai wal mursalin, wa 'ala aalihi wa ash-habihi ajma'in, amma ba'du:
Nuwun, dumateng paro sesepuh pinisepuh engkang dahat kinabekten, dumateng bapak ibu Takmir Masjid ............... engkang minulyo, sagung jamaah engkang kinurmatan.

Cara Mematangkan memeram buah Sawo agar matang sempurna

Buah sawo adalah buah yang sangat unik, enak dan manis rasanya. Pada dasarnya buah-buahan pada umumnya agar terasa manis dan matang sempurna adalah jika matang ketika masih di pohon.


Lain halnya dengan buah sawo yang harus di peram atau di imbu (Jawa) agar bisa memperoleh rasa manis. Buah Sawo sangat rentan dengan benturan, apabila terjadi benturan maka akan mempengaruhi buah sawo tersebut dan tidak bisa matang dengan sempurna.

Cara mudah memeram buah Sawo sebagai berikut : 

Pastikan buah sawo sudah tua kemudian dicuci dengan air bersih kulitnya bisa menggunakan kain yang kasar untuk menyikat Jemur ditempat yang terkena matahari kurang lebih  dua jamPeram dengan kardus bekas atau kertas kertas biar hangat tidak mengembun
tunggu 3 hari dan dibuka sudah matang.

Ikrar Syawalan Bahasa Jawa

IKRAR SYAWALAN

Bismillahirohmanirohim

Astaghfirullohala’azdim

Kepareng mator, dumateng  bapak-bapak ibu-ibu, ingkang kapernah sepuh, kulo caos sungkem pangabektos. Dumateng bapak-bapak ibu-ibu, lan sederek kulo sedoyo, ingkang kapernah anem, menapa dene ingkang kapernah sesami-sami, kulo ngaturaken salam taklim.

Wonten ing wekdal punika, Sepisan ngatoraken  sedaya kalepatan kula, ingih engkang kasengojo, munopo dene mboten kasengojo, lahir batos nyuwun pangapunten. Lan kulo ugi, caos pangapunten, dumateng panjenengan sedoyo, mbokbilih kagungan kalepatan, dumateng kulo. Mugi-mugi Gusti Allah, paring maghfiroh, dumateng kito sami. Amin ya robbal ‘alamin.

Kaping kalih, ngengingi hak adami, ingkang sampun tumanduk dumateng kulo, ingkang dereng halal, kulo suwun halalipun, dene ingkang sampun halal, mugi-mugi saget mberkahi, manfaati, dumateng kulo sak keluargo.
تَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تَقَبَّلْ يَا كَرِ يْمُ
آمِينْ × ٣ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن
وَبِاللهِ التَّوْفِيْقُ وَالْهِدَايَةُ وَالر…