Skip to main content

2000 anak di Kecamatan Kokap mendapatkan Bimbingan Baca Tulis Al Qur'an


Pembelajaran Al Qur'an yang dilakukan oleh Badan Koordinasi TKA-TPA Kecamatan Kokap ini selaras dengan Penguatan Pendidikan Kaerakter yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Daerah kabupaten Kulon Progo, Hal ini disampaikan dalam pengarahan oleh Camat Sadikan S.Pd. M.Pd pada acara caracter building Grand Making Program Pendidikan Al Qur'an Ahad (08/12-2019) di Pendopo Kecamatan Kokap.


Tampi Prehandini Ketua Pelaksana Grand Making Program Pendidikan Al Qur'an dalam prakata acara menyampaikan bahwa target dari program ini adalah terfasilitasinya 2000 (dua ribu) anak-anak  sampai usia SMP diwilayah kecamatan Kokap terfasilitasi dalam memperoleh pendidikan Al Qur'an. Grand Making Program Pendidikan Al Qur'an ini terselenggara berkat kerjasama Badko Rayon TKA-TPA kecamatan Kokap dengan Dompet Dhuafa Yogyakarta,  lebih lanjut Prihandini menyampaikan kegiatan ini diikuti oleh 50 (lima puluh) peserta dari 50 (lima puluh) unit Taman Pendidikan Al Qur'an (TPA) yang ada di Kokap serta penguus aktif sejumlah 20 orang.


Syirwan Rasid Penyuluh Agama Islam Funsional yang hadir mewakili Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Kokap menyampaikan kegiatan ini sangat bagus sekali dan kami akan mendukung gerakan dakwah yang dilaksanakan oleh Badko TKA-TPA Rayon Kokap.


Sementara itu perwakilan dari dompet dhuafa Yogyakarta 
Bilal Syah Majaiz menyampaikan bahwa program ini akan berlangsung dari bulan Desember 2019  sampai bulan Juni 2019. "Program ini dimulai dari bulan Desember 2019 terlebih dahulu pembekalan  "caracter building Ustadz/Ustadzah" Januari sampai Juni 2019 pelaksanaan Progaram dan akan dievaluasi, nantinya akan diperpanjang 6 (enam) bulan kedepan kalu evaluasinya dinyatakan berhasil" Tutur Bilal.

Ketua Badko TKA-TPA Kecamatan Kokap Burhanudin menyampaikan akan tetap mendorong adanya kerjasama dengan pihak-pihak lain agar dakwah Al Qur'an di kecamatan Kokap ini bisa berjalan dengan baik. "Kami akan upayakan adanya kerjasama dengan Stakeholder agar kegiatan dakwah ini bisa berjalan dengan baik" Ungkap Burhan.



Peserta Caracter building Ustadz/Ustadzah ini sejumlah 70 peserta dan mendapatkan  materi  Problem Solving Dakwah,  Paradigma Dakwah dan Be Super Creative Ustadz yang disampaikan oleh Divisi Dakwah Dompet Dhuafa Yogyakarta.

Comments

Lihat Juga

MC Pengajian Bahasa Jawa sederhana

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Alhamdulillahi rabbil 'alamin, wa bihi nasta'iinu 'alaa umuuriddunya waddiin, wash shalatu was salamu 'alaa asyrafil anbiyai wal mursalin, wa 'ala aalihi wa ash-habihi ajma'in, amma ba'du:
Nuwun, dumateng paro sesepuh pinisepuh engkang dahat kinabekten, dumateng bapak ibu Takmir Masjid ............... engkang minulyo, sagung jamaah engkang kinurmatan.

Cara Mematangkan memeram buah Sawo agar matang sempurna

Buah sawo adalah buah yang sangat unik, enak dan manis rasanya. Pada dasarnya buah-buahan pada umumnya agar terasa manis dan matang sempurna adalah jika matang ketika masih di pohon.


Lain halnya dengan buah sawo yang harus di peram atau di imbu (Jawa) agar bisa memperoleh rasa manis. Buah Sawo sangat rentan dengan benturan, apabila terjadi benturan maka akan mempengaruhi buah sawo tersebut dan tidak bisa matang dengan sempurna.

Cara mudah memeram buah Sawo sebagai berikut : 

Pastikan buah sawo sudah tua kemudian dicuci dengan air bersih kulitnya bisa menggunakan kain yang kasar untuk menyikat Jemur ditempat yang terkena matahari kurang lebih  dua jamPeram dengan kardus bekas atau kertas kertas biar hangat tidak mengembun
tunggu 3 hari dan dibuka sudah matang.

Pohon Madu atau Dombeya spectabilis honey Tree

Rumah Madu Klanceng Yogyakarta peternak lebah Kulon Progo Yogyakarta-



Dombeya Spectabilis dikenal dengan pohon Madu atau Honey tree karena kabarnya pohon ini saat berbunga mampu menyediakan makanan untuk beberapa Koloni lebah. 
Dombeya adalah pohon kecil dengan daun maple besar dan kepala-kepala yang lebat dari bunga-bunga putih kecil berwarna merah muda.
ciri kusus dari tanaman ini adalah:
Bunga
Bunganya berwarna lebih terang, Berbunga: November-Januari.

Batang dan Daun
Batang dari mana tandan bunga menggantung jauh lebih pendek daripada di Pink Ball.
Ketiga, dan yang paling penting, daunnya sangat mirip lobang seperti maple, sedangkan di Pink Ball, daunnya bergigi dan berbentuk hati. Daun melingkar lebar, 2-7 cm panjang dan lebar, subscabrous di kedua sisi, dangkal 3-lobed, bergerigi, saraf di bawah puber berkarat; tangkai daun panjang 2-5 cm, berbulu halus. Inflorescence sebuah aksila, cyme memanjang; tangkai panjang 3-7 cm, berbulu halus. Bunga berwarna merah muda, lebar 2-2,5 cm; tang…

Istilah Dalam Dunia KELINCI yang Harus Anda Tahu

DOB: Day of Birth/ tanggal lahir kelinci.BUCK: Kelinci jantan.DOE: Kelinci betina.JUNIOR_Jr: Kelinci anakan.SENIOR_Sr: Kelinci dewasa.SENIOR_BUCK: Kelinci jantan dewasa.

TERNAK TAWON KLANCENG ATAU LANCENG

Sampai saat ini, tak banyak yang tahu, lebah Klanceng Trigona , memiliki manfaat besar dalam menjaga kesehatan sekaligus peluang usaha cukup menggiurkan. Hewan ini cocok dibudidayakan didaerah perbukitan seperti di perbukitan menoreh wilayah Kabupaten Kulon Progo (Galur,Girimulyo, Kalibawang,Kokap,Lendah, Panjatan,Nanggulan,Pengasih,Samigaluh,Sentolo,Temon, dan wates) Daerah Istimewa Yogyakarta

Lebah Klanceng/Trigona / Klanceng/Trigona atau nama latinnya Apis Trigona, mempunyai ukuran lebih kecil dari lalat. Karenanya, ia memiliki koloni cukup banyak, untuk menghasilkan madu. Tentunya dengan waktu yang cukup panjang, bahkan hingga tiga bulan sekali untuk memanen. Itupun hanya didapat, tak lebih dari 125 mili liter madu Klanceng/Trigona, pada setiap kotak koloni yang dihuni ribuan lebah Klanceng/Trigona.

Untuk budidaya madu lebah Klanceng/Trigona, perlu ketelatenan yang lebih, dibandingkan dengan lebah madu biasa, baik dalam pemindahan koloni lebah, perawatan hingga cara pemanenennya…

CARA MENDAPATKAN DAN MEMELIHARA TUYUL IRENG TANPA TUMBAL

Madu Lebah Hutan Asli dari Hutan Kokap Kulon Progo Yogyakarta

Madu hutan liar adalah merupakan cairan yang di hasilkan oleh jenis lebah hutan ( Apis dorsata ) yang di peroleh pemburu madu di hutan belantara secara langsung pada gerombolan atau koloni Lebah liar.Madu hutan liar merupakan madu yang bersifat alamiah, dalam arti terbebas dari pengaruh pupuk, pestisida dan polusi.
Madu hutan liar adalah merupakan cairan yang di hasilkan oleh jenis lebah hutan ( Apis dorsata ) yang di peroleh pemburu madu di hutan belantara secara langsung pada gerombolan atau koloni Lebah liar.Madu hutan liar merupakan madu yang bersifat alamiah, dalam arti terbebas dari pengaruh pupuk, pestisida dan polusi. Madu hutan liar berasal darijenis lebah liar hutan ( Apis dorsata )yang jenis lebah ini hingga saat inibelum dapat di ternak.Madu hutan liar ini sangat aman untuk di konsumsi sebagai suplemen makanan dengan kandungan madu berupa multi mineral, multi vitamin yang berfaedah menjaga kesehatan dan terapi paling mendasar berbagai macam jenis penyakit. Apis dorsata…

Perbandingan Jantan dan Betina dalam ternak ayam hutan

PERANAN SEX RASIO DALAM BUDIDAYA AYAM HUTAN HIJAU (Gallus varius)
Budidaya ayam hutan
Untuk memenuhi kebutuhan ayam hutan hijau baik untuk hewan kesayangan ataupun sebagai sumber bibit dalam membuat bekisar, maka sudah waktunya tidak mengandalkan dan menangkap lagi dari hutan, tetapi merupakan hasil dari budidaya, sehingga ancaman terhadap bahaya menuju kelangkaannya dapat dicegah. Banyak masyarakat beranggapan bahwa ayam hutan hijau bersifat monogami, sehingga dalam budidaya tersebut dilakukan dengan perbandingan sex ratio antara jantan dan betina sebesar 1 1. Padahal di habitat asalnya yaitu hutan, ayam hut an hijau hidup secara berkelompok, setiap suatu daerah keku-asaan seekor pej antan akan diikuti oleh 3 - 5 ekor betina. Selain itu kendala yang umum dijumpai bahwa telur-telur yang dihasilkan dari budidaya ayam hutan mempunyai daya tetas dan fertilitas yang rendah. Berdasarkan kenyataan tersebut, tentunya dalam budidaya ayam hutan hijau, per1u diupayakan semaksimal mungkin pengguna…

Melihat Koloni Lebah Trigona atau Klanceng Bagian 2

Berikut kami sajikan buat refrensi tentang Koloni Lebah Trigona atau Klanceng Bagian 2 semoga menambah pengetahuan bagi semua fihak.

Anda tertarik dengan Koloni Lebah klanceng ? Silakan Hubungi kami atau kirim pesan kami dengan klik Kirim Pesan disini

Dhandhanggula

Salah satunggaling tembang macapat. Dhandhangulo ngemu suraos pengarep-arep engkang sae utawi becik.
Dhandhanggula kadadosan saking tembung Dhandhang kang tegese pengarep-arep utawi pangajab, gula utawi kasebat gendis tegesipun legi utawi sae. Dhandanggula tegesipun pengarep kang sae. Wonten ing tembang dhandhang gula puniko wonten kathah pitutur kino engkang sae.
Saben pada (bait) wonten 10 (sedhoso) gatra utawi larik.
• 10-i
• 10-a
• 8 -é
• 7 -u
• 9 -i
• 7 -a
• 6 -u
• 8 -a
• 12-i
• 7 -a
Tulodho
Yogyanira kang para prajurit,
lamun bisa sira anuladha,
duk ing uni caritane,
andelira sang prabu,
Sasrabahu ing Maespati,
aran patih Suwanda,
lelabuhanipun,
kang ginelung tri prakara,
guna kaya purun ingkang den antepi,
nuhoni trah utama
Sidoasih
Pamintaku nimas sido asih
Atut runtut tansah reruntungan
Ing sarino sak wengine
Datan genggang sak rambut
Lamun adoh caketing ati
Yen cedak tansah mulat
Sido asih tuhu
Pindho mimi lan mintuno
Ayo nimas bareng anetepi wajib
sido asih bebra…