Skip to main content

Festifal Anak Sholeh Indonesia (FASI) Serempak di Kulon Progo














Kulon Progo, Festifal Anak Sholeh Indonesia (FASI) Ahad (23/09) diselenggarakan di empat Kecamatan. Badan Koordianasi Taman Kanak-kanak Al Qur’an - Taman Pendidikan Al Qur’an (BADKO TKA-TPA) Rayon  Wates bertempat di Masjid Agung Wates, Kokap di Masjid Ar Rohmah Tejogan Hargorejo, Lendah di Masjid Mujahidin Gegulu Gulurejo dan Galur diselenggarakan di TPA AL Ikhlas Wonopeti Karangsewu.


Kadir,S.Sos.I Sekretaris BADKO TKA-TPA Kabupaten Kulon Progo dalam sambutanya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada penyelenggara dan berharap dengan terselengaranya FASI di Kecamatan Wates akan menumbuhkan dan meningkatkan semangat berdakwah melalui TKA-TPA.

Dalam kesempatan terpisah Ketua Badko TKA-TPA Kabupaten Kulon Progo Burhani Arwin menyampaikan terselengaranya FASI empat Rayon merupakan respon positif dalam menyiapkan kafilahnya untuk maju di FASI tingkat Kabupaten Kulon Progo yang akan diselenggarakan tanggal 30 September 2018 di SMP N II Kokap. “Dengan diselenggarakan FASI ini berharap nanti akan muncul kader-kader penerus perjuangan dalam mengajarkan dan mengamalkan isi kandungan AL Qur’an ditengah-tengah masyarakat” ungkap Burhani dalam sambutanya di FASI Galur.

Bukan menang dan kalah dalam mengikuti FASI, tetapi menumbuhkan percaya diri (Self Confidence) dalam setiap anak jauh lebih penting. “Jika anak memiliki percaya diri maka anak akan tumbuh dan berkembang dengan penuh optimis yakni mampu mengembangkan penilaian positif terhadap diri sendiri dan lingkungan atau situasi yang dihadapinya” Ungkap Sukiat Ketua BADKO TKA-TPA Rayon Kokap dalam pengarahan pada peserta dan pendamping FASI di  Kokap.


Respon dari orang tua peserta dan peserta sangat baik untuk menambah semangat dalam mengaji di TPA. “Anak saya usia lima tahun ikut peragaan Sholat dan saya puas meski belum dapat juara, minimal bisa untuk belajar kendel (baca:berani)” Komentar Sudarmanto orang tua dari salah satu peserta FASI Rayon Kokap.(bhn)

Comments

Popular posts from this blog

MC Pengajian Bahasa Jawa sederhana

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Alhamdulillahi rabbil 'alamin, wa bihi nasta'iinu 'alaa umuuriddunya waddiin, wash shalatu was salamu 'alaa asyrafil anbiyai wal mursalin, wa 'ala aalihi wa ash-habihi ajma'in, amma ba'du:
Nuwun, dumateng paro sesepuh pinisepuh engkang dahat kinabekten, dumateng bapak ibu Takmir Masjid ............... engkang minulyo, sagung jamaah engkang kinurmatan.

Cara Mematangkan memeram buah Sawo agar matang sempurna

Buah sawo adalah buah yang sangat unik, enak dan manis rasanya. Pada dasarnya buah-buahan pada umumnya agar terasa manis dan matang sempurna adalah jika matang ketika masih di pohon.


Lain halnya dengan buah sawo yang harus di peram atau di imbu (Jawa) agar bisa memperoleh rasa manis. Buah Sawo sangat rentan dengan benturan, apabila terjadi benturan maka akan mempengaruhi buah sawo tersebut dan tidak bisa matang dengan sempurna.

Cara mudah memeram buah Sawo sebagai berikut : 

Pastikan buah sawo sudah tua kemudian dicuci dengan air bersih kulitnya bisa menggunakan kain yang kasar untuk menyikat Jemur ditempat yang terkena matahari kurang lebih  dua jamPeram dengan kardus bekas atau kertas kertas biar hangat tidak mengembun
tunggu 3 hari dan dibuka sudah matang.

Ikrar Syawalan Bahasa Jawa

IKRAR SYAWALAN

Bismillahirohmanirohim

Astaghfirullohala’azdim

Kepareng mator, dumateng  bapak-bapak ibu-ibu, ingkang kapernah sepuh, kulo caos sungkem pangabektos. Dumateng bapak-bapak ibu-ibu, lan sederek kulo sedoyo, ingkang kapernah anem, menapa dene ingkang kapernah sesami-sami, kulo ngaturaken salam taklim.

Wonten ing wekdal punika, Sepisan ngatoraken  sedaya kalepatan kula, ingih engkang kasengojo, munopo dene mboten kasengojo, lahir batos nyuwun pangapunten. Lan kulo ugi, caos pangapunten, dumateng panjenengan sedoyo, mbokbilih kagungan kalepatan, dumateng kulo. Mugi-mugi Gusti Allah, paring maghfiroh, dumateng kito sami. Amin ya robbal ‘alamin.

Kaping kalih, ngengingi hak adami, ingkang sampun tumanduk dumateng kulo, ingkang dereng halal, kulo suwun halalipun, dene ingkang sampun halal, mugi-mugi saget mberkahi, manfaati, dumateng kulo sak keluargo.
تَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تَقَبَّلْ يَا كَرِ يْمُ
آمِينْ × ٣ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن
وَبِاللهِ التَّوْفِيْقُ وَالْهِدَايَةُ وَالر…