Skip to main content

Family Gathering dengan Manasik Haji


Kulon Progo, Family Gathering Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) terpadu ‘Aisyiyah Kesatrian Wates dan Paud Al Husna II pengasih (22/09) menyelenggarakan Manasik Haji di Masjid Agung Wates dengan mengangkat tema Bertaqwa sejak dini menuju syurga bersama keluarga. Hadir  471 peserta  yang dipandu oleh team pembina dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Aisyiyah Kulon Progo.


“Ini sebenarnya acara parenting yang rutin kami selenggarakan tiap bulannya tapi kali ini kami kemas Family Gathering dengan Manasik Haji yang bekerja sama dengan PAUD terpadu ‘Aisyiyah Kesatrian Wates dan  KBIH Aisyiyah Kulon Progo” tutur Sri Wulansari S.Pd Kepala PAUD Al Husna II Pengasih. Diberikan pemahaman dasar ibadah haji kepada anak usia dini dan juga orang tua anak untuk melatih fisik dan gerak motorik serta mempererat kasih sayang antar anak dan orang tua. “Rata-rata anak di PAUD kami dititipkan sampai sore hari, jadi harapan kami dengan kegiatan semacam ini mampu mengakrabkan anak dan orang tua juga dengan keluarga teman anak juga kesan yang positif anak terhadap ibadah Haji” ungkap Hj.Bekti Kristiani Kepala PAUD terpadu ‘Aisyiyah Kesatrian Wates.

Dalam manasik haji  ini dikenalkan juga dipraktekkan ibadah Haji dan Umroh dengan tetap dalam suasana bermain. Dalam khutbah wukufnya Suwardi salah satu pembimbing dari KBIH KBIH Aisyiyah Kulon Progo menyampaikan agar anak menjadi anak Sholeh harus dekat dengan Masjid. “Untuk mencetak anak-anak yang Sholeh kita harus dekatkan anak dengan Masjid, anak harus terbiasa melakukan ibadah dimasjid” Ungkapnya.

“Ini adalah pengalaman pertama saya dan juga anak saya dalam mengikuti manasik haji” tutur  Hartini salah satu wali murid yang ikut manasik haji. “Saya dan anak saya sangat senang mengikuti manasik haji ini dan semoga semoga kami segera bisa menunaikan ibadah Haji” imbuhny sambill mengusap air mata harunya.


Comments

Popular posts from this blog

MC Pengajian Bahasa Jawa sederhana

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Alhamdulillahi rabbil 'alamin, wa bihi nasta'iinu 'alaa umuuriddunya waddiin, wash shalatu was salamu 'alaa asyrafil anbiyai wal mursalin, wa 'ala aalihi wa ash-habihi ajma'in, amma ba'du:
Nuwun, dumateng paro sesepuh pinisepuh engkang dahat kinabekten, dumateng bapak ibu Takmir Masjid ............... engkang minulyo, sagung jamaah engkang kinurmatan.

Cara Mematangkan memeram buah Sawo agar matang sempurna

Buah sawo adalah buah yang sangat unik, enak dan manis rasanya. Pada dasarnya buah-buahan pada umumnya agar terasa manis dan matang sempurna adalah jika matang ketika masih di pohon.


Lain halnya dengan buah sawo yang harus di peram atau di imbu (Jawa) agar bisa memperoleh rasa manis. Buah Sawo sangat rentan dengan benturan, apabila terjadi benturan maka akan mempengaruhi buah sawo tersebut dan tidak bisa matang dengan sempurna.

Cara mudah memeram buah Sawo sebagai berikut : 

Pastikan buah sawo sudah tua kemudian dicuci dengan air bersih kulitnya bisa menggunakan kain yang kasar untuk menyikat Jemur ditempat yang terkena matahari kurang lebih  dua jamPeram dengan kardus bekas atau kertas kertas biar hangat tidak mengembun
tunggu 3 hari dan dibuka sudah matang.

Ikrar Syawalan Bahasa Jawa

IKRAR SYAWALAN

Bismillahirohmanirohim

Astaghfirullohala’azdim

Kepareng mator, dumateng  bapak-bapak ibu-ibu, ingkang kapernah sepuh, kulo caos sungkem pangabektos. Dumateng bapak-bapak ibu-ibu, lan sederek kulo sedoyo, ingkang kapernah anem, menapa dene ingkang kapernah sesami-sami, kulo ngaturaken salam taklim.

Wonten ing wekdal punika, Sepisan ngatoraken  sedaya kalepatan kula, ingih engkang kasengojo, munopo dene mboten kasengojo, lahir batos nyuwun pangapunten. Lan kulo ugi, caos pangapunten, dumateng panjenengan sedoyo, mbokbilih kagungan kalepatan, dumateng kulo. Mugi-mugi Gusti Allah, paring maghfiroh, dumateng kito sami. Amin ya robbal ‘alamin.

Kaping kalih, ngengingi hak adami, ingkang sampun tumanduk dumateng kulo, ingkang dereng halal, kulo suwun halalipun, dene ingkang sampun halal, mugi-mugi saget mberkahi, manfaati, dumateng kulo sak keluargo.
تَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تَقَبَّلْ يَا كَرِ يْمُ
آمِينْ × ٣ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن
وَبِاللهِ التَّوْفِيْقُ وَالْهِدَايَةُ وَالر…