Wednesday, 9 May 2018

Bunga Lidah Kucing atau bunga pukul delapan ungu







Namanya adalah bunga pukul delapan dengan nama latin yaitu Turnera ulmifola L.T, Subuluta J.E. smith, sedang orang jawa sering menyebut dengan bunga pukul delapan atau Lidah Kucing, dalam bahasa inggris yaitu india holly, sage rose

 

Bunga pukul delapan ini seing ditemukan tumbuh di tanah terlantar, di tepi saluran air, dan di tempat-tempat yang terkena sinar matahari. Pada umumnya, bunga pukul delapan tumbuh dan hidup secara berkelompok.

Ciri khusus yang dimiliki oleh bunga pukul delapan yaitu memiliki daun tunggal, berbentuk bulat elips, memiliki ujung daun yang runcing, tepi tulang daunnya berbentuk menyirip, memiliki kelenjar, panjang daunnya yaitu sekitar 2cm-7cm dan lebarnya yaitu sekitar 1cm-4cm. Sedangkan mahkota bunganya berbentuk bulat, umumnya setiap bunga memiliki 5 kelopak, tinggi tanaman bunga ini yaitu sekitar 1 meter, batangnya berwarna coklat kehitaman. 

 

Menurut Informasi bunga pukul delapan beraneka macam, ada yang berwarna ungu, kuning, dll. Namun yang sering kita jumpai yaitu bunga pukul delapan yang berwarna ungu. Tanaman bunga ini berbunga setiap hari sekitar pukul 08.00 pagi dan akan layu sekitar pukul 12.00 siang. Bunga pukul delapan ini sejenis dengan bunga mekar sore atau yang sering disebut juga dengan bunga pukul empat.

Bunga Lidah Kucing ini sangat adaptif diberbagai lingkungan, lebih cocok ditempat yang terkena matahari langsung atau full matahari namun di empat yang agak teduh juga bisa tumbuh dan berbunga.

 

Cara pengembangannya sangat mudah dengan cara distek kemudian ditancapkan dalam tanah. Sembari memperbanyak juga sebagai regenerasi terhadap bunga yang tua agar tumbuh tunas baru. Agar bunga pukul delapan ini terlihat berbunga sepanjang tahun dan nampak subur maka pemangkasan harus dilakukan dengan bergantian.

No comments:

Post a Comment

Cakepan Sinom Parijhatho

Tresnoku soyo ngremboko Seng lanang seniman Sing wadhan seniwati Rinabuking roso asih Janji sabar lan ora kesusu , swahe jembar...