Skip to main content

Metode Dr’s ABC untuk menolong Lakalantas



Ini dunia manusia dan bukan duni Fabel atau cerita hewan dimana dalam dunia manusia ada kemanusian yang mewujudkan manusia sebagai makluk social.



Kita wajib menolong orang lain yang mengalami musibah kecelakaan, namun kita juga perlu memerhatikan kondisi yang dialami korban. Terdapat metode dalam menolong korban kecelakaan lalu lintas. Metode ini disebut Dr’s ABC, (Danger Respon Shout (for help) Airway Breathing Circulation).


Dikutip dari aladokter.com Kita bisa ikuti metode Dr’s ABC ketika dihadapkan kepada situasi ingin menolong korban kecelakaan lalu lintas.

Berikut tahapannya:
D (danger) Pastikan Anda berada pada lokasi dan kondisi yang tidak berbahaya. Potensi bahaya yang masih mungkin terjadi adalah kebakaran, kebocoran gas beracun, atau kericuhan warga di sekitar kejadian. Perhatikan bahwa pertolongan pertama tidak bisa dilakukan selama diri Anda sendiri berisiko menjadi korban kecelakaan atau kejadian susulan. Segera matikan mesin kendaraan korban dan jaga jangan sampai ada sumber pemicu api. Anda juga bisa menyarankan orang yang sedang merokok untuk menjauhi lokasi kecelakaan lalu lintas.
R (respons) Cek tanggapan dari korban dengan cara menepuk bahunya dan ajukan pertanyaan singkat seperti “Siapa nama Anda?” atau “Dapatkan Anda buka mata Anda?”.
S (Shout for help)  Anda disarankan untuk segera menghubungi pihak medis agar korban cepat diberi pertolongan selanjutnya. Nomor pertolongan darurat yang bisa dihubungi adalah 118 untuk menghubungi ambulans dan 112 untuk menghubungi polisi. Berikan informasi terkait keadaan korban, seperti: Mengalami perdarahan hebat atau tidak., Mengalami kesulitan bernapas atau tidak., Memberi tanggapan atau tidak ketika diajak berbicara.
A (airway) Anda bisa mengupayakan pertolongan dengan menempatkan tangan Anda di bawah dagu korban dan angkatlah dagunya ke depan (chin lift) untuk membukajalan napas.Tempatkan tangan Anda di dahi korban dan dorong ke belakang (head tilt) apabila manuver dagu tidak membantu.
B (breathing) Pastikan korban benar-benar bernapas minimal selama 10 detik. Periksa pernapasannya dengan cara melihat naik turunnya dada, mendengar, dan merasakan suara napas.
C (compression) Lakukan kompresi dada jika tidak tampak tanda-tanda kehidupan pada korban dan tidak ditemukan adanya denyut nadi. Caranya, jika korban adalah orang dewasa, tekan kedua tangan Anda di bagian tengah dada korban. Tekan sedalam lima hingga enam cm dengan kuat dan cepat. Jika korbannya bayi, cukup tekan menggunakan dua jari Anda, dengan tekanan yang tidak terlalu kuat.


Selain itu, lakukan pula hal berikut ini:
Biarkan korban tetap di tempatnya.
Memindahkan korban ke tempat lain mungkin akan meningkatkan risiko mengalami cedera lebih parah.
Jangan lepaskan helm dari kepala korban.
Jangan meninggalkan korban sendirian dan lindungi dia dari terik matahari atau air hujan.
Hindari memberi makan atau minum pada korban.


Kecelakaan lalu lintas atau apa pun bentuknya berisiko terjadi kapan saja dan di mana saja. Pengetahuan mengenai pertolongan pertama adalah penting sebagai bekal pribadi, baik digunakan untuk diri sendiri maupun untuk menolong orang lain. Persiapkan pula nomor telepon darurat di buku catatan atau simpan di dalam ponsel Anda.




Comments

Lihat Juga

Cara Mematangkan memeram buah Sawo agar matang sempurna

Buah sawo adalah buah yang sangat unik, enak dan manis rasanya. Pada dasarnya buah-buahan pada umumnya agar terasa manis dan matang sempurna adalah jika matang ketika masih di pohon. Buah Sawo yang sedang dijemur Lain halnya dengan buah sawo yang harus di peram atau di imbu (Jawa) agar bisa memperoleh rasa manis. Buah Sawo sangat rentan dengan benturan, apabila terjadi benturan maka akan mempengaruhi buah sawo tersebut dan tidak bisa matang dengan sempurna. Cara mudah memeram buah Sawo sebagai berikut :  Pastikan buah sawo sudah tua kemudian dicuci dengan air bersih kulitnya bisa menggunakan kain yang kasar untuk menyikat  Jemur ditempat yang terkena matahari kurang lebih  dua jam Peram dengan kardus bekas atau kertas kertas biar hangat tidak mengembun tunggu 3 hari dan dibuka sudah matang.

MC Pengajian Bahasa Jawa sederhana

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh Alhamdulillahi rabbil 'alamin, wa bihi nasta'iinu 'alaa umuuriddunya waddiin, wash shalatu was salamu 'alaa asyrafil anbiyai wal mursalin, wa 'ala aalihi wa ash-habihi ajma'in, amma ba'du: Nuwun, dumateng paro sesepuh pinisepuh engkang dahat kinabekten, dumateng bapak ibu Takmir Masjid ............... engkang minulyo, sagung jamaah engkang kinurmatan.

Pohon Madu atau Dombeya spectabilis honey Tree

Rumah Madu Klanceng Yogyakarta peternak lebah Kulon Progo Yogyakarta- Dombeya Spectabilis dikenal dengan pohon Madu atau Honey tree karena kabarnya pohon ini saat berbunga mampu menyediakan makanan untuk beberapa Koloni lebah.  Dombeya adalah pohon kecil dengan daun maple besar dan kepala-kepala yang lebat dari bunga-bunga putih kecil berwarna merah muda. ciri kusus dari tanaman ini adalah: Bunga Bunganya berwarna lebih terang, Berbunga: November-Januari. Batang dan Daun Batang dari mana tandan bunga menggantung jauh lebih pendek daripada di Pink Ball. Ketiga, dan yang paling penting, daunnya sangat mirip lobang seperti maple, sedangkan di Pink Ball, daunnya bergigi dan berbentuk hati. Daun melingkar lebar, 2-7 cm panjang dan lebar, subscabrous di kedua sisi, dangkal 3-lobed, bergerigi, saraf di bawah puber berkarat; tangkai daun panjang 2-5 cm, berbulu halus. Inflorescence sebuah aksila, cyme memanjang; tangkai panjang 3-7 cm, berbulu halu

Istilah Dalam Dunia KELINCI yang Harus Anda Tahu

DOB: Day of Birth/ tanggal lahir kelinci. BUCK: Kelinci jantan. DOE: Kelinci betina. JUNIOR_Jr: Kelinci anakan. SENIOR_Sr: Kelinci dewasa. SENIOR_BUCK: Kelinci jantan dewasa.

TERNAK TAWON KLANCENG ATAU LANCENG

Sampai saat ini, tak banyak yang tahu, lebah Klanceng Trigona , memiliki manfaat besar dalam menjaga kesehatan sekaligus peluang usaha cukup menggiurkan. Hewan ini cocok dibudidayakan didaerah perbukitan seperti di perbukitan menoreh wilayah Kabupaten Kulon Progo (Galur, Girimulyo, Kalibawang, Kokap, Lendah, Panjatan,Nanggulan, Pengasih, Samigaluh, Sentolo, Temon, dan wates) Daerah Istimewa Yogyakarta   Lebah Klanceng/Trigona / Klanceng/Trigona atau nama latinnya Apis Trigona, mempunyai ukuran lebih kecil dari lalat. Karenanya, ia memiliki koloni cukup banyak, untuk menghasilkan madu. Tentunya dengan waktu yang cukup panjang, bahkan hingga tiga bulan sekali untuk memanen. Itupun hanya didapat, tak lebih dari 125 mili liter madu Klanceng/Trigona, pada setiap kotak koloni yang dihuni ribuan lebah Klanceng/Trigona. Untuk budidaya madu lebah Klanceng/Trigona, perlu ketelatenan yang lebih, dibandingkan dengan lebah madu biasa, baik dalam pemindahan koloni lebah, perawatan hin

CARA MEMINDAHKAN KOLONI KLANCENG LIAR KEDALAM KOTAK BUATAN

Lebah klanceng atau trigona bisa dijumpai dilingkungan sekitar, biasanya sering bersarang dibambu atap rumah dan juga bisa dijumpai dikursi bambo yang biasa di teras-teras rumah. Jenis lebah tersebut belum banyak diketahui manfaatnya hanya kadang jika menemukan sarang lebah kemudian dibuka dan diambil madunya. Sarang yang sudah diambil madunya kemudian dibiarkan begitu saja, ada yang dikembalikan pada tempatnya dan tidak dirawat sehingga sering sarang kemudian di kerubungi semut. klanceng yang sudah dipindah didalam kotak dan digantung diteras rumah Sangat wajar jika madu yang dihasilkan hanya sedikit karena lebahnya pun kecil, akan tetapi kalau penghuni disarang tersebut padat atau keluarga besar tentunya akan menghasilkan madu yang lebih apalagi didukung dengan lokasi sekitar yang penuh dengan makanan lebah.

MC JAWA PRASOJO ( SEDERHANA )

Pranotocoro atau MC atau pengacara dalam upacara pernikahan dalam adat Jawa merupakan kunci keseuksesan acara pernikahan tersebut. Dalam upacara pernikahan atau dalam walimahan pernikahan mendengarkan seorang MC yang kadang kita tidak tau maknaya, ada bahasa jawa kawi atau kuno didalamya yang termasuk menggunakan sastra Jawa. Pranotocoro manten ada yang menyebut Dhalang Manten. Dhalang Manten berpenempilan seperti seorang dhalang wayang kulit dan sangat banyak menguasai sastra jawa atau bahasa-bahasa kawi. Untuk menjadi seoarang dhalang manten harus menguasai bahasa jawa atau kromo juga menguasai tembang-tembang jawa atau mocopat. Harus merelakan waktu untuk berlatih dan terus berlatih. Berikut contoh pronotocoro (dirumah penganten Pria ) sederhana yang bisa digunakan untuk pemula. Tentu saja banyak kekurangannya. Assalamualaikum wr.wb Rumentahing pujo hastowo saking Gusti Engkang moho welas Moho Asih mugi tansah kajiwo lan kasariro dening poro rawuh kakung sumawono

Melihat Koloni Lebah Trigona atau Klanceng Bagian 2

Berikut kami sajikan buat refrensi tentang  Koloni Lebah Trigona atau Klanceng Bagian 2 semoga menambah pengetahuan bagi semua fihak. Stuktur Telur Lebah Klanceng ?trigona Leaviceps Anda tertarik dengan Koloni Lebah klanceng ? Silakan  Hubungi kami  atau kirim pesan kami dengan klik  Kirim Pesan disini

CARA MENDAPATKAN DAN MEMELIHARA TUYUL IRENG TANPA TUMBAL

PERHATIAN!!!!! SEBELUM ANDA MEMBACA PESAN KAMI AGAR DIBACA SAMPAI SELESAI TULISAN INI AGAR ANDA TIDAK SALAH PROSEDUR. Ada banyak tempat yang banyak tuyul irengnya. Tempat yang banyak tuyul Ireng nya saya contohkan yaitu di Hutan-hutan dan atau di pinggir desa yang masih banyak tumbuh-tumbuhannya atau disudut rumah anda atau disudut kandang ternak anda. Memiliki tuyul Ireng   akan membuat Rejeki anda datang tanpa harus bekerja. Biarkan TUYUL IRENG yang bekerja dan anda tinggal menunggu hasilnya. Ada banyak cara memiliki TUYUL IRENG, pada kesempatan kali ini, akan dipaparkan cara mudah memiliki Tuyuk ireng, sebagai berikut: Caranya pertama: Tidak perlu mencari tanggal kematian dari seorang bayi yang meninggal dalam kandungan/ belum sempat lahir ke dunia tetapi anda tinggal jalan-jalan ditepi hutan atau dihalaman samping kanan kiri rumah anda atau di kandang ayama atau kandang kambing anda dengan konsentrasi mengamat-amati adakah rumahnya. Kalau sudah tau rumahnya

Cara “Split” Koloni Klanceng Jenis Leavicep

Cara “Split” Koloni Klanceng Jenis Leavicep “Split” istilah ini masih agak asing, ya istilah split sering digunakan dalam Budidaya Lebah Klanceng atau Trigona. Split berasal dari bahasa Inggris yang artinya membagi. Sepeti contoh “SPLIT KOLONI TRIGONA” Jadi Split Koloni Trigona berarti membagi koloni trigona menjadi 2 (dua) koloni yang sama bisa bertahan hidup dan bisa menghasilkan Madu. Keunggalan Split Koloni adalah mempercepat jumlah koloni yang dimiliki oleh seorang peternak cara ini lazim digunakan para peternak Klanceng. Sebelum melakukan Split Koloni ada beberapa syarat wajib yang harus terpenuhi  yaitu Koloni Trigona dalam keadaan Kuat artinya didalam koloni terdapat ratu, lebah pekerja yang banyak, telur yang banyak, terdapat polen dan Madu didalamnya. Diusahakan waktu split Koloni dilakukan dimusim bunga atau musim kemarau, ini bertujuan untuk mempermudah perkembangbiakan koloni trigona karena tersedia sumber makan yang cukup. Koloni yang siap di Split