Skip to main content

Ayo Peduli Menolong Lakalantas


Seorang laki-laki paruh baya tertindih dengan sepeda motornya dibawah pojokan truk gandeng yang sedang parkir. Perkiraan saya kecelakaan terjadi karena dekatynya jarak pandang pengendara sepeda motor karena hujan turun deras. Dalam minimnya jarak pandang dan laju kendaraan yang cepat kemungkinan menambrak truk gandeng yang sedang parkir dipinggir jalan sisi kiri.


Kejadian awal Februari 2018 dijalan Jogja Wates yang merupakan jalan Nasional. Pagi itu Sekitar pukul setengah Sembilan hujan turun deras perjalanan saya menuju Yogyakarta dengan sebuah motor butut yang  sangat sulit melaju dengan kecepatan 80 KM/jam. Setelah Bantar sebelum Bayeman ada sebuah kecelakaan yang sudah terjadi beberapa menit yang lalu.

Sekilas saya amati ada seseorang yang sedang memperbaiki truk yang sedang berhenti tetapi kemudian diamati lebih seksama ada ceceran darah disekitar orang tersebut. Sontak saya putuskan bahwa ini korban kecelakaan.


Saya berhenti melakukan tindakan pertolongan sambil berteriak kepada pengendara yang lewat untuk meminta tolong. Motor saya pindahkan dari tubuhnya yang telah menindihnya. Sesaat kemudian beberapa orang datang membantu memberikan pertolongan.

Kondisi korban yang memprihatinkan dari hidung dan mulut mengeluarkan darah tetapi kondisi masih sadar, dengan melihat kondisi korban yang parah kami tidak berani mengangkat korban.
Kamipun sepakat memanggil Polisi untuk memberikan pertolongan dengan menghentikan salah satu pengendara untuk melaporkan pada Pos Polisi terdekat. Lama kami menunggu datangnya polisi an kami hentikan pengendara sepedamotor untukm melaprkan kejadian kecelakaan.


Setelah polisi datang, kami bersama membantu menaikkan di mobil Patroli Polisi.
Dengan kejadian diatas, bisa terjadi dimanapun dan kepada siapapun bisa jadi saudara bisa jadi orang lain. Sipapapun itu jika mengetahui sebuah kecelakaan kita akan bantu menolongnya.

Comments

Popular posts from this blog

MC Pengajian Bahasa Jawa sederhana

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Alhamdulillahi rabbil 'alamin, wa bihi nasta'iinu 'alaa umuuriddunya waddiin, wash shalatu was salamu 'alaa asyrafil anbiyai wal mursalin, wa 'ala aalihi wa ash-habihi ajma'in, amma ba'du:
Nuwun, dumateng paro sesepuh pinisepuh engkang dahat kinabekten, dumateng bapak ibu Takmir Masjid ............... engkang minulyo, sagung jamaah engkang kinurmatan.

Cara Mematangkan memeram buah Sawo agar matang sempurna

Buah sawo adalah buah yang sangat unik, enak dan manis rasanya. Pada dasarnya buah-buahan pada umumnya agar terasa manis dan matang sempurna adalah jika matang ketika masih di pohon.


Lain halnya dengan buah sawo yang harus di peram atau di imbu (Jawa) agar bisa memperoleh rasa manis. Buah Sawo sangat rentan dengan benturan, apabila terjadi benturan maka akan mempengaruhi buah sawo tersebut dan tidak bisa matang dengan sempurna.

Cara mudah memeram buah Sawo sebagai berikut : 

Pastikan buah sawo sudah tua kemudian dicuci dengan air bersih kulitnya bisa menggunakan kain yang kasar untuk menyikat Jemur ditempat yang terkena matahari kurang lebih  dua jamPeram dengan kardus bekas atau kertas kertas biar hangat tidak mengembun
tunggu 3 hari dan dibuka sudah matang.

Ikrar Syawalan Bahasa Jawa

IKRAR SYAWALAN

Bismillahirohmanirohim

Astaghfirullohala’azdim

Kepareng mator, dumateng  bapak-bapak ibu-ibu, ingkang kapernah sepuh, kulo caos sungkem pangabektos. Dumateng bapak-bapak ibu-ibu, lan sederek kulo sedoyo, ingkang kapernah anem, menapa dene ingkang kapernah sesami-sami, kulo ngaturaken salam taklim.

Wonten ing wekdal punika, Sepisan ngatoraken  sedaya kalepatan kula, ingih engkang kasengojo, munopo dene mboten kasengojo, lahir batos nyuwun pangapunten. Lan kulo ugi, caos pangapunten, dumateng panjenengan sedoyo, mbokbilih kagungan kalepatan, dumateng kulo. Mugi-mugi Gusti Allah, paring maghfiroh, dumateng kito sami. Amin ya robbal ‘alamin.

Kaping kalih, ngengingi hak adami, ingkang sampun tumanduk dumateng kulo, ingkang dereng halal, kulo suwun halalipun, dene ingkang sampun halal, mugi-mugi saget mberkahi, manfaati, dumateng kulo sak keluargo.
تَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تَقَبَّلْ يَا كَرِ يْمُ
آمِينْ × ٣ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن
وَبِاللهِ التَّوْفِيْقُ وَالْهِدَايَةُ وَالر…