Skip to main content

Madu Klanceng Mendukung Lancarnya Puasa

Madu Klanceng atau Madu Trigona Atau Madu Lanceng atau sering disebut juga Madu Kelulut adalah minuman bergizi yang dihasilkan dari lebah Klanceng atau trigona atau Kelulut. Nutrisi di dalamnya sangat kaya sehingga menjadikan madu Klanceng  sebagai minuman menyehatkan. Apalagi dikonsumsi selama menjalankan ibadah puasa, madu  klanceng akan memberikan banyak manfaat yang menguntungkan.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, madu Klanceng bisa dikonsumsi pada saat berbuka atau saat makan sahur dan bisa dimim\num sebelum tidur saat malam hari tentunya. Berikut beberapa manfaat yang  madu klanceng saat bulan puasa atau ramadhan :


Racun tubuh terbuang.


Madu Klanceng memiliki efek detoksifikasi. Detoksinasi adalah  proses mengurangi racun tubah atau pengurangan kadar raucun dalam tubuh. Oleh sebab itu, ditambah dengan berpuasa, proses detoksifikasi menjadi lebih sempurna dalam membuang racun dari sistem kerja di organ tubuh.

 Metebolisme berjalan seimbang.


Paduan minum air dengan madu Klanceng  akan menjadikan metabolisme tubuh berjalan lebih baik. Minum madu Klanceng yang dicairkan dengan air hangat setiap sahur. Makanan yang dikonsumsi menjadi mudah dicerna dan diserap.

Mengendalikan berat badan.


Minum madu Klanceng  yang dicairkn dengan air  dapat membakar lemak dalam tubuh. Pasalnya, lemak akan lebih mudah dibakar untuk dijadikan energi.


Mengatasi sembelit.


Madu Klanceng  juga bisa membantu menjaga pergerakan usus lebih baik, Ketaraturan gerakan usus halus sampai ke usus besar akan menghindarkan dari masalah sembelit. Buang air besar lebih mudah.

 Menjaga ketersediaan energi.


Rajin minum madu Klanceng akan menyuplai tenaga hingga waktu berbuka tiba. Tubuh cenderung tidak mudah lemas di siang hari. Selain itu, madu Klanceng  turut menambah cairan tubuh sehingga tidak mudah mengalami dehidrasi.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

MC Pengajian Bahasa Jawa sederhana

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Alhamdulillahi rabbil 'alamin, wa bihi nasta'iinu 'alaa umuuriddunya waddiin, wash shalatu was salamu 'alaa asyrafil anbiyai wal mursalin, wa 'ala aalihi wa ash-habihi ajma'in, amma ba'du:
Nuwun, dumateng paro sesepuh pinisepuh engkang dahat kinabekten, dumateng bapak ibu Takmir Masjid ............... engkang minulyo, sagung jamaah engkang kinurmatan.

Cara Mematangkan memeram buah Sawo agar matang sempurna

Buah sawo adalah buah yang sangat unik, enak dan manis rasanya. Pada dasarnya buah-buahan pada umumnya agar terasa manis dan matang sempurna adalah jika matang ketika masih di pohon.


Lain halnya dengan buah sawo yang harus di peram atau di imbu (Jawa) agar bisa memperoleh rasa manis. Buah Sawo sangat rentan dengan benturan, apabila terjadi benturan maka akan mempengaruhi buah sawo tersebut dan tidak bisa matang dengan sempurna.

Cara mudah memeram buah Sawo sebagai berikut : 

Pastikan buah sawo sudah tua kemudian dicuci dengan air bersih kulitnya bisa menggunakan kain yang kasar untuk menyikat Jemur ditempat yang terkena matahari kurang lebih  dua jamPeram dengan kardus bekas atau kertas kertas biar hangat tidak mengembun
tunggu 3 hari dan dibuka sudah matang.

Ikrar Syawalan Bahasa Jawa

IKRAR SYAWALAN

Bismillahirohmanirohim

Astaghfirullohala’azdim

Kepareng mator, dumateng  bapak-bapak ibu-ibu, ingkang kapernah sepuh, kulo caos sungkem pangabektos. Dumateng bapak-bapak ibu-ibu, lan sederek kulo sedoyo, ingkang kapernah anem, menapa dene ingkang kapernah sesami-sami, kulo ngaturaken salam taklim.

Wonten ing wekdal punika, Sepisan ngatoraken  sedaya kalepatan kula, ingih engkang kasengojo, munopo dene mboten kasengojo, lahir batos nyuwun pangapunten. Lan kulo ugi, caos pangapunten, dumateng panjenengan sedoyo, mbokbilih kagungan kalepatan, dumateng kulo. Mugi-mugi Gusti Allah, paring maghfiroh, dumateng kito sami. Amin ya robbal ‘alamin.

Kaping kalih, ngengingi hak adami, ingkang sampun tumanduk dumateng kulo, ingkang dereng halal, kulo suwun halalipun, dene ingkang sampun halal, mugi-mugi saget mberkahi, manfaati, dumateng kulo sak keluargo.
تَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تَقَبَّلْ يَا كَرِ يْمُ
آمِينْ × ٣ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن
وَبِاللهِ التَّوْفِيْقُ وَالْهِدَايَةُ وَالر…