Wednesday, 17 May 2017

Bunga Kaliandra Merah

Dari berbagai tanaman yang tumbuh dalam sekitar Penagkaran Lebah Klanceng  di rumahmaduklanceng.com adalah bunga Kaliandra Merah. Pohon kaliandra merah ini  sangat mudah ditanam  dan dapat beradaptasi diberbagai tempat dan suhu.

Manfaat


Manfaat  daun kaliandra sebagai hijauan pakan ternak yang telah banyak dilakukan, umumnya petani yang berada di areal kawasan kehutanan atau perkebunan. Peternak biasanya  memberikan daun kaliandra dalam bentuk segar karena lebih disukai ternak, tetapi ada sebagian yang  dilayukan dahulu untuk menurunkan kadar tanninnya (kadar tannin yang tinggi menyebabkan daun sukar dicerna oleh ternak).

Daun Kaliandra ini mempunyai kandungan protein cukup tinggi (20-25%) yang sangat bermanfaat bagi peningkatan produktivitas ternak, serta cepat tumbuh dan kemampuan bertunas tinggi setelah pemangkasan. Pemanfaatan kaliandra sebagai hijauan pakan ruminansia telah memperlihatkan pengaruh yang menguntungkan tidak hanya performa produksi tetapi performa reproduksi ternak juga meningkat.

Selain digunakan sebagai hijauan pakan ternak, kaliandra juga banyak dimanfaatkan sebagai kayu bakar, produksi  pendukung produksi Madu lebah Klanceng, dan untuk konservasi lahan marginal.

 

Bunga

Bunga Kaliandra ini sangat disukai lebah Klanceng. Bunga ini mekar selama satu malam saja dengan benang-benang mencolok, Sehari kemudian benang-benang ini akan layu.  Kenapa Lebah Klanceng  menyukai bunga Kaliandra ? yak karena Lebah Klanceng menyukai Nektar yang terdapat dalam bunga kaliandra tersebut. Nektar atau sari bunga adalah cairan manis kaya dengan gula yang diproduksi bunga dari tumbuh-tumbuhan sewaktu mekar untuk menarik kedatangan hewan penyerbuk seperti serangga. Nektar dihasilkan kelenjar nektar yang biasanya terletak di dasar perhiasan bunga (perianthium), sehingga hewan penyerbuk mau tidak mau bersinggungan dengan kepala sari (anthera) dan pistil sewaktu mengambil nektar.

Penanaman

Penanaman dapat dilakukan dengan cara menyemai langsung biji pada kedalaman 1-3 cm atau dengan memindahkan tanaman bibit yang telah berakar dari alam bebas.

Kesimpulan

  1. Bunga Kaliandra ini sangat cocok ditanam bagi anda yang melakukan budidaya lebah Klanceng
  2. Daun Kaliandra ini sangat cocok ditanam bagi anda yang menggeluti ternak ruminasi, Sapi, Kambing dan lainya.
  3. Kayu Kaliandra ini sangat cocok ditanam sebagai untuk konservasi lahan marginal seperti tepi sungai, hutan, jalan, atau daerah lahan kritis yang ditumbuhi alang-alang. 

1 comment:

  1. Jika teman2 butuh angka jitu 2d 3d 4d di jamin 100% tembus saya sudah membuktikan saya di bantu sama mbah sero 4d dan 2d pengeluaran sgp sama hk sudah 3X putaran saya menang syukur alhamdulillah hutang2 saya semua pada lunas bagi yang mau menang seperti saya ini jalan yang bisa melunasi hutang dan masih banyak bantuan lainnya didalam blog mbah semuanya sudah di jelaskan atau silahkan buktikan sendiri dengan cara hubungi no 082_370_357_999 namanya mbah sero ATAU BUKA BLOG MBAH SERO DISINI

    ReplyDelete

Fakta Atau Mitos konsumsi Daging Kelinci menambah Kesuburan?

Banyak Mitos yang tentang daging kelinci, bisa menambah kesuburan. Banyak para wanita yang percaya tapi ada juga yang tidak percaya. Dal...