Skip to main content

Makanan Lebah Bunga Xanthostemon chrysanthus

https://en.wikipedia.org/wiki/Xanthostemon_chrysanthus
Nama Xanthostemon chrysanthus, spesies berasal dari kata Yunani Kuno xanthos – kuning, dan stemon – benang atau benang sari. CHRYSOS “emas”, dan “anthos” “bunga”.
Xanthostemon chrysanthus adalah tanaman kebun populer dengan bunga yang mekar berwarna kuning mencolok, umumnya dikenal sebagai pohon Penda Emas, yaitu spesies pohon yang ditemukan tumbuh begitu saja (endemik).
Penda Emas adalah pohon hutan terbuka atau hutan tadah hujan, ditemukan di pesisir utara Queensland utara dari Townsville ke Cape York, seringkali terdapat di sepanjang tepi atau anak sungai.
https://en.wikipedia.org/wiki/Xanthostemon_chrysanthus
Xanthostemon chrysanthus adalah pohon berukuran sedang dengan mahkota menyebar sebagai pohon di alam liar, dapat tumbuh dengan ketinggian mencapai 20 meter tetapi dalam budidaya biasanya lebih kecil, mungkin hanya mencapai antara 5 — 10 m.
Oleh pengusaha pembibitan tanaman, dibudidayakan sebagai tanaman hias, untuk digunakan di kebun dan taman lansekap.  Pembibitan pohon ini dapat diperbanyak dengan stek atau biji, bisa juga melalui perkecambahan tapi mungkin lambat.
Xanthostemon chrysanthus, dikenal sebagai “pohon hias yang sangat menarik” tetapi cukup sulit untuk mendapatkannya.  Tanaman ini cukup kuat, mentolerir dan tahan di tanah kering, untuk kondisi panas lebih suka iklim hangat dalam posisi cerah dan kondisi lembab.
Pohon Penda Emas ini memiliki respons yang baik dengan pemangkasan dan dapat dengan mudah dibentuk menjadi semak, pagar, atau layar penahan angin dengan pemangkasan rutin dan hampir tidak memerlukan penyiraman setelah dibentuk, namun akan berkembang dalam tanah berdrainase baik.
Pertumbuhan daun yang pada awalnya berwarna kemerahan tembaga kontras indah dengan yang lebih tua.  Selanjutnya setelah dewasa daunnya kaku berbentuk ujung tombak, hijau tua mengkilap di atas dan pucat di bagian bawah dengan panjang daun sekitar 15 cm.
Di daerah sub-tropis dan tropis pembungaan dapat diandalkan, bunga-bunga terjadi dalam kelompok dekat ujung cabang.  Diantara bunga-bunga sering terdengar suara berdengung dari lebah yang mengumpulkan nektar.
Pembungaan biasanya terjadi di sini di akhir musim panas dan musim gugur menampilkan pemandangan yang menakjubkan saat bunga mekar penuh.  Benang sari adalah fitur utama dari bunga berbulu muncul di ujung cabang, nampak seolah-olah ada ratusan laba-laba di dalam bunga-bunga mekar kuning keemasan.
Pembungaan muncul pada setiap saat sepanjang tahun terjadi di musim panas dan musim gugur, berbunga berlimpah kuning cerah yang mencolok membentang di ujung cabang, sangat menarik.

dari http://berkarya.um.ac.id/2013/07/xanthostemon-chrysanthus-pohon-lindung-berbunga-14/

Comments

Popular posts from this blog

MC Pengajian Bahasa Jawa sederhana

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Alhamdulillahi rabbil 'alamin, wa bihi nasta'iinu 'alaa umuuriddunya waddiin, wash shalatu was salamu 'alaa asyrafil anbiyai wal mursalin, wa 'ala aalihi wa ash-habihi ajma'in, amma ba'du:
Nuwun, dumateng paro sesepuh pinisepuh engkang dahat kinabekten, dumateng bapak ibu Takmir Masjid ............... engkang minulyo, sagung jamaah engkang kinurmatan.

Cara Mematangkan memeram buah Sawo agar matang sempurna

Buah sawo adalah buah yang sangat unik, enak dan manis rasanya. Pada dasarnya buah-buahan pada umumnya agar terasa manis dan matang sempurna adalah jika matang ketika masih di pohon.


Lain halnya dengan buah sawo yang harus di peram atau di imbu (Jawa) agar bisa memperoleh rasa manis. Buah Sawo sangat rentan dengan benturan, apabila terjadi benturan maka akan mempengaruhi buah sawo tersebut dan tidak bisa matang dengan sempurna.

Cara mudah memeram buah Sawo sebagai berikut : 

Pastikan buah sawo sudah tua kemudian dicuci dengan air bersih kulitnya bisa menggunakan kain yang kasar untuk menyikat Jemur ditempat yang terkena matahari kurang lebih  dua jamPeram dengan kardus bekas atau kertas kertas biar hangat tidak mengembun
tunggu 3 hari dan dibuka sudah matang.

Ikrar Syawalan Bahasa Jawa

IKRAR SYAWALAN

Bismillahirohmanirohim

Astaghfirullohala’azdim

Kepareng mator, dumateng  bapak-bapak ibu-ibu, ingkang kapernah sepuh, kulo caos sungkem pangabektos. Dumateng bapak-bapak ibu-ibu, lan sederek kulo sedoyo, ingkang kapernah anem, menapa dene ingkang kapernah sesami-sami, kulo ngaturaken salam taklim.

Wonten ing wekdal punika, Sepisan ngatoraken  sedaya kalepatan kula, ingih engkang kasengojo, munopo dene mboten kasengojo, lahir batos nyuwun pangapunten. Lan kulo ugi, caos pangapunten, dumateng panjenengan sedoyo, mbokbilih kagungan kalepatan, dumateng kulo. Mugi-mugi Gusti Allah, paring maghfiroh, dumateng kito sami. Amin ya robbal ‘alamin.

Kaping kalih, ngengingi hak adami, ingkang sampun tumanduk dumateng kulo, ingkang dereng halal, kulo suwun halalipun, dene ingkang sampun halal, mugi-mugi saget mberkahi, manfaati, dumateng kulo sak keluargo.
تَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تَقَبَّلْ يَا كَرِ يْمُ
آمِينْ × ٣ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن
وَبِاللهِ التَّوْفِيْقُ وَالْهِدَايَةُ وَالر…