Monday, 1 February 2016

Persiapan ternak Lebah Trigona Atau Klanceng


Sebelum memulai membudidayakan LEBAH TRIGONA alangkah baiknya mengenal KELEBIHAN DAN KEUNGGULAN tentang sikecil hitam trigona/klanceng. Berikut beberapa tips seblum memulai untuk budidaya trigona:
  1. Melihat dan mengamati lokasi dimana kita hendak membudidayakan Trigona/Klanceng kalau ada tumbuh-tumbuhan yang banyak berarti berpotensi banyak bunga untuk pakan trigona,
  2. Menanam tanaman sebagai pakan lebah. sebagai contoh: Kaliandra, Bunga Matahari, Buah Markisa, lamtoro dan lain sebagianya.
  3. Mencari informasi tentang “perklancengan” baik dengan membaca buku, di internet dan atau berkunjung ke pembudidaya trigona yang sudah ada.
  4. Siapkan tempat, tidak perlu membuat tempat khusus cukup di emperan rumah. Pastikan tempat tiduh tidak terkena hujan dan terik matahari langsung. 
  5. Putuskan jenis trigona yang akan di budidayakan. Trigona klanceng bahasa latinnya adalah leavicep ukuran tubuhnya kecil atau trigona gagak atau itama yang tubuhnya 3 kali lipat dari jenis klanceng leavicep. Jenis trigona gagak atau itama yang bertubuh besar juga menghasilkan banyak madu. 

No comments:

Post a Comment

Cakepan Sinom Parijhatho

Tresnoku soyo ngremboko Seng lanang seniman Sing wadhan seniwati Rinabuking roso asih Janji sabar lan ora kesusu , swahe jembar...