Friday, 28 August 2015

CARA MEMINDAHKAN KOLONI KLANCENG LIAR KEDALAM KOTAK BUATAN



Lebah klanceng atau trigona bisa dijumpai dilingkungan sekitar, biasanya sering bersarang dibambu atap rumah dan juga bisa dijumpai dikursi bambo yang biasa di teras-teras rumah.
Jenis lebah tersebut belum banyak diketahui manfaatnya hanya kadang jika menemukan sarang lebah kemudian dibuka dan diambil madunya. Sarang yang sudah diambil madunya kemudian dibiarkan begitu saja, ada yang dikembalikan pada tempatnya dan tidak dirawat sehingga sering sarang kemudian di kerubungi semut.
klanceng yang sudah dipindah didalam kotak dan digantung diteras rumah
Sangat wajar jika madu yang dihasilkan hanya sedikit karena lebahnya pun kecil, akan tetapi kalau penghuni disarang tersebut padat atau keluarga besar tentunya akan menghasilkan madu yang lebih apalagi didukung dengan lokasi sekitar yang penuh dengan makanan lebah.


klanceng yang sudah dipnidah didalam kotak dan ditaruh dirak samping rumah
Kalau ingin ternak klanceng cukup ambil sarang yang kita jumpai kemudian ambil semua telur dan yang ada didalamnya kemudian masukkan dalam kotak tempat sarang yang telah disiapkan.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan didalam pemindahan sarang klanceng :

  • Hindarkan dari semut ,Caranya tempatkan pada lokasi yang tidak terjangkau oleh semut boleh digantung atau ditaruh diatas rak.
  • Olesi tali atau penyangga rak dengan kapur anti semut atau Oli bekas
  • Hindarkan penempatan sarang Klanceng dari panas matahari langsung dan hujan.
  • Hindarkan penempatan sarang pada Lokasi yang dekat dengan Asap. 
  • Kontrol sesudah pemindahan sarang minimal sampai 5 hari, setelah itu sarang baru bisa aman 
Selamat Mencoba

No comments:

Post a Comment

Bunga Lidah Kucing atau bunga pukul delapan ungu

Namanya adalah bunga pukul delapan dengan nama latin yaitu Turnera ulmifola L.T, Subuluta J.E. smith, sedang orang jawa sering...