Tuesday, 28 October 2014

Gula Jawa dari Kokap Kulon Progo

Gula jawa adalah salah satu produk gula olahan tradisional, sampai saat ini belum ada pengolahannya dengan mesin atau keluaran pabrik. Orang sering mengenalnya dengan sebutan gula merah. Biarpun gula jawa masih dibuat secara tradisional namun permintaan pasar selalu terpenuhi biarpun masih kurang, pabrik sering menggunakannya sebagai bahan dasar makanan tertentu. Seperti kita ketahui bahwa gula jawa ini berasal dari pohon kelapa, ada juga yang berasal dari pohon enau atau aren. Gula jawa diolah melalui proses yang panjang, mulai dari penyadapan sari – sari kelapa, diolah dimasak dengan pemanasan yang tinggi sampai menjadi gula. Prosesnya cukup sederhana,tapi cukup menguras tenaga dan tak sesederhana yang anda bayangkan. Lama dan tidaknya pembuatannya tergantung banyak sedikitnya sadapan nira/ sari –sari gula.

Pada umumnya pembuatan gula jawa dilakukan oleh petani gula, wilayahnya meliputi sekitar pinggiran pantai di Jawa. Mengapa demikian karena tanaman kelapa membutuhkan pemanasan yang tinggi untuk bisa menghasilkan buah dan bertahan hidup. Sedangkan di daerah yang jauh dari pantai yang wilayahnya dingin tidak dapat menghasilkan tanaman kelapa yang baik.

Gula jawa sendiri pada umumnya digunakan untuk pemanis makanan, minuman. Dipasaran harganya tidak setabil karena permintaan tergantung cuaca dan kebutuhan. Namun hal ini tidak berakibat buruk bagi petani gula, pada umumnya mereka bisa bertahan disaat harga jatuh sekalipun, dibanding harga gula pasir untuk saat ini harganya masih dibawahnya atau setara untuk/ kilonya

Petani gula dapat anda jumpai di kecamatan Kokap, Kuon Progo. Kebanyakan  warga di daerah ini menjadi pembuat gula merah. Penyadapan atau “Nderes” biasa dilakukan pagi dan sore.
Nira adalah hasil sari – sari kelapa yang diambil dengan cara di sadap saat pohon kelapa menampakkan bunga atau manggar. Sari – sarinya inilah yang dimasak dengan cara memisahkan air dan sari – sari gula menggunakan laru atau obat. 
Laru terbuat dari batu gamping halus dan getah buah manggis bahan – bahan inilah yang dapat memisahkan air dan gula saat nira dimasak. Gula jawa banyak dikonsumsi karena kaya akan sumber energi, meningkatkan stamina, ada juga sebagai obat untuk penyakit – penyakit tertentu. Jelas Produk ini pantas untuk dikonsumsi. 

Jika Anda menghendaki Gula Jawa atau Gula Merah asli tanpa Campuran kami bisa bantu anda dengan harga sesui pasaran.



2 comments:

  1. perkenalkan saya Rio, dari Yogya. saat ini saya mendapatkan tugas dari perusahaan luar negeri untuk mencari perusahaan atau koperasi yang bisa memasok gula jawa blok ( traditional block coconut sugar) dan harus 100% murni tidak dicampur gula putih atau ubi atau bahan2 yang aneh lainnya. mereka mempunyai partner lab untuk mengecek kandungan dari gula merah yang didapatkan

    ke depannya dari hasil riset saya ini, maka perusahaan dimaksud akan membutuhkan pihak di Indonesia untuk bisa memasok gula jawa secara kontinyu dalam jumlah yang cukup besar. kalau boleh tahu usaha Anda berbentuk apa? apakah CV atau UD ataukah perseorangan. dan apakah di daerah anda ada sebuah koperasi petani penderes gula kelapa?

    sekian dari saya, mohon bantuan informasinya, bisa ke rio_kerenz@yahoo.com

    salam hormat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mas Rio atas kunjungan anda dalam web kami, Mohon maaf atas keterlambaatan respon kami. kami sangat terbuka dengan kerjasama yang anda tawarkan. perlu diketahui prduk gula jawa yang kami tawarkan murni tanpa bahan campuran seperti yang disebut diatas. untuk selanjutnya bisa ke WA saya 081328445925. Mhn cek inbok Facebook mas. nuwun

      Delete

Cakepan Sinom Parijhatho

Tresnoku soyo ngremboko Seng lanang seniman Sing wadhan seniwati Rinabuking roso asih Janji sabar lan ora kesusu , swahe jembar...