Skip to main content

CARA MENUMBUHKAN KARAKTER PADA ANAK

Hampir setiap orang tua mempunyai harapan agar anak tumbuh dengan pribadi berkualitas. Namun tidak sedikit dari mereka yang tidak tahu cara menumbuhkan karakter pada sang buah hati sehingga banyak anak yang tumbuh menjadi anak pembangkang atau nakal. Nah berikut ini ada sedikit Tips bagaimana Cara Menumbuhkan Karakter Pada Anak.

Cara Menumbuhkan Karakter Pada Anak – Menurut spikologi dari Klinik Spikologi AMG, Cawang, Mulia. Pembentukan karakter anak di mulai dari lingkungan keluarga. Sebab, anak akan mengikuti segala hal yang di dengar, di rasakan, serta di lihat dari orang sekitar. “Ketika anak melihat perlakuan yang tidak baik, ia akan mempunyai sikap yang tidak baik pula”. Kata Mulia, atau “Misalnya sang anak sering melihat pertengkaran orang tua”



Proses penumbuhan karakter, Mulia melanjutkan, sudah mulai kala si anak masih di dalam kandungan. Yakni dengan cara mengajak berbincang si calon anak. Sampai lahir, orang tua harus tetap mengajarkan hal positif. Sebab pada saat lahir, bayi harus merasakan nyamandi lingkungan keluarga. Dan ketika ibu cenderung mengabaikan, anak pun akan merasa tidak di sayang. “Meskipun bayi belum bisa bica tetap saja mereka punya persaan” Kata Mulia.
Orang tua juga harus memberikan contoh yang baik pada anak. Misalnya mengucapkan terimakasih ketika anak membantu atau memberikan sesuatu. ” Karena ketika anak sudah tau melakuakan sesuatu yang baik, ia akan berpikir dan bertindak yang baik pula”. Ujarnya “Anak akan memahami kenapa harus melakukan yang baik, sehingga karakter si anak akan terbentu dengan baik pula”.
Pada waktu sang anak melakukan kebaikan, orang tua harus memuji atau memberikan hadiah. Namun, jika sang buah hati melakukan kesalahan, misalnya berbohong, orang tua bisa memberikan hukuman, namun tidak berupa kekersan.

Orang tua juga bisa mengajak anak membuat kontrak pola asuh. Misalnya jika si anak melakukan kesalahan, tidak akan mendapatkan pujian atau hadiah. Sistem ini juga bisa mulai di terapkan pada saat buah hati berumur satu tahu. Karena pada usia satu sampai tiga tahunanak tengah berada pada masa ekplorasi, seperti menelaah lingkungan.

Pada masa ini pula orang tua berkesempatan untuk memberitahukan anak akan akibat dari kesalahannya, “Misalnya jangan memanjat, nanti jatuh”
Anak pun tidak bisa di larang begitu saja, harus ada alasan masuk akal si anak, jika tanpa alasan, bisa berdampak buruk bagi pembentukan karakter bagi anak. Sebab ia tidak akan mengerti akan kesalahan yang di lakukan ” Anak tidak tahu bahwa orang tua melarang nya, dan tidak akan tahu mana yang baik mana yang tidak”

Agar anak memahami nilai-nilai sosial, orang tua harus menanamkan pola ini secara konsisten. Kalau perlu memberikan sebuah konsekuensi. Misalnya disiplin dan meminta maaf kala melakukan kesalahan. Bila tidak anak akan gagal menyerap nilai sosial itu.

Comments

Popular posts from this blog

MC Pengajian Bahasa Jawa sederhana

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Alhamdulillahi rabbil 'alamin, wa bihi nasta'iinu 'alaa umuuriddunya waddiin, wash shalatu was salamu 'alaa asyrafil anbiyai wal mursalin, wa 'ala aalihi wa ash-habihi ajma'in, amma ba'du:
Nuwun, dumateng paro sesepuh pinisepuh engkang dahat kinabekten, dumateng bapak ibu Takmir Masjid ............... engkang minulyo, sagung jamaah engkang kinurmatan.

Cara Mematangkan memeram buah Sawo agar matang sempurna

Buah sawo adalah buah yang sangat unik, enak dan manis rasanya. Pada dasarnya buah-buahan pada umumnya agar terasa manis dan matang sempurna adalah jika matang ketika masih di pohon.


Lain halnya dengan buah sawo yang harus di peram atau di imbu (Jawa) agar bisa memperoleh rasa manis. Buah Sawo sangat rentan dengan benturan, apabila terjadi benturan maka akan mempengaruhi buah sawo tersebut dan tidak bisa matang dengan sempurna.

Cara mudah memeram buah Sawo sebagai berikut : 

Pastikan buah sawo sudah tua kemudian dicuci dengan air bersih kulitnya bisa menggunakan kain yang kasar untuk menyikat Jemur ditempat yang terkena matahari kurang lebih  dua jamPeram dengan kardus bekas atau kertas kertas biar hangat tidak mengembun
tunggu 3 hari dan dibuka sudah matang.

Ikrar Syawalan Bahasa Jawa

IKRAR SYAWALAN

Bismillahirohmanirohim

Astaghfirullohala’azdim

Kepareng mator, dumateng  bapak-bapak ibu-ibu, ingkang kapernah sepuh, kulo caos sungkem pangabektos. Dumateng bapak-bapak ibu-ibu, lan sederek kulo sedoyo, ingkang kapernah anem, menapa dene ingkang kapernah sesami-sami, kulo ngaturaken salam taklim.

Wonten ing wekdal punika, Sepisan ngatoraken  sedaya kalepatan kula, ingih engkang kasengojo, munopo dene mboten kasengojo, lahir batos nyuwun pangapunten. Lan kulo ugi, caos pangapunten, dumateng panjenengan sedoyo, mbokbilih kagungan kalepatan, dumateng kulo. Mugi-mugi Gusti Allah, paring maghfiroh, dumateng kito sami. Amin ya robbal ‘alamin.

Kaping kalih, ngengingi hak adami, ingkang sampun tumanduk dumateng kulo, ingkang dereng halal, kulo suwun halalipun, dene ingkang sampun halal, mugi-mugi saget mberkahi, manfaati, dumateng kulo sak keluargo.
تَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تَقَبَّلْ يَا كَرِ يْمُ
آمِينْ × ٣ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن
وَبِاللهِ التَّوْفِيْقُ وَالْهِدَايَةُ وَالر…