Thursday, 6 March 2014

Ternak Ayam Kampung

Untuk cara budidaya atau ternak ayam kampung asli ini saya bagi ke dalam beberapa tahapan ternak ataupun pelaksanaan. Adapun tata cara budidaya ternak ayam kampung asli adalah sebagai berikut :
1.      Ketahuilah dunia ayam kampung
Pengetahuan dunia ayam kampung merupakan tahap awal beternak ayam kampung asli. Dengan mengetahui ciri, karakter dll dapat memantapkan langkah kita membangun peternakan ayam kampung.
2.      Pemilihan bibit/Induk ayam kampung asli
Langkah ini adalah pedoman untuk memaksimalkan produk ternak kita. Apakah mau pedaging atau petelur. Jadi pastikan pemilihan bibit ayam haruslah yang terbaik.
3.      Pemberian Pakan
Banyak sekali manajemen tentang pemberian pakan. Biaya, cara, serta kualitas pakan menentukan keberhasilan ternak ayam kampung.
4.      Sistem Perkandangan
Perkandangan penting demi kelancaran pemeliharaan. Perencanaan, pembuatan serta perbaikan sungguhlah perlu dimanajemen dengan tepat.
5.      Pemecahan Masalah/Penyakit dan Pengobatan
Masalah terbesar peternakan ayam adalah tentang penyakit. Perlu adanya pencegahan dan pengobatan penyakit ayam dengan tepat.
6.      Pengoptimalan Hasil Ternak
Ternak ayam tidak semudah membalikkan tangan, tinggal dipelihara sudah beres. Tidak seperti itu, memang pada awalnya tidak seperti yang tertulis di analisa ternak. Namun dengan perbaikan manajemen saya yakin hasil ternak juga akan bertambah optimal dan maksimal.
7.      Pemasaran/Panen
Pemasaran hasil panen adalah proses terakhir demi kelangsungan ternak di kemudian hari. Pemasaran yang kurang tepat dapat memutus rantai usaha ini.
8.      Analisa Usaha
Analisa usaha kami terapkan pada akhir dengan maksud untuk evaluasi usaha ternak ayam kampung. Dengan memakai langkah ini kami berharap untuk memperbaiki kesalahan dalam usaha ternak ayam kampung serta manajemen sebelumnya.
9.      Pengukuran, Penilaian, Evaluasi dan Assesment
Tahap terakhir perlu dilakukan dan semua diperbaiki dari awal hingga akhir. Dari ketiga kata tersebut dapat digolongkan bermacam-macam. Berikut penjelasannya :
Pengukuran berarti membandingkan sebuah produk dengan produk tertentu dan dinyatakan dengan sebuah ukuran.
Penilaian adalah suatu pertimbangan profesional atau proses dan dimungkinkan peternak mengambil pertimbangan (langkah lebih lanjut) mengenai suatu nilai tersebut. Dalam hal ini produktifitas dan kualitas hasil ternak.
Assesment adalah kegiatan yang dilakukan pada awal proses manajemen antisipasi dari sebuah informasi (tercatat) untuk mengidentifikasi (analisis) resiko (yang mungkin terjadi) beserta bentuk kontrol untuk mencegah resiko-resiko tersebut.
Dengan mengetahui tata cara budidaya ayam kampung asli tersebut diharapkan pemeliharaan ayam kampung akan semakin baik dari masa ke masa. Sampai tujuan mendapatkan hasil yang optimal dapat tercapai.

No comments:

Post a Comment

Fakta Atau Mitos konsumsi Daging Kelinci menambah Kesuburan?

Banyak Mitos yang tentang daging kelinci, bisa menambah kesuburan. Banyak para wanita yang percaya tapi ada juga yang tidak percaya. Dal...